PT Equityworld Samarinda : Cina telah meningkatkan tarif hingga 25 persen pada 128 produk AS

PT Equityworld Futures Samarinda – Cina telah meningkatkan tarif hingga 25 persen pada 128 produk AS termasuk daging babi beku, anggur dan buah-buahan dan kacang-kacangan tertentu, meningkatkan pertikaian antara negara-negara ekonomi terbesar di dunia sebagai tanggapan terhadap tugas AS terhadap impor aluminium dan baja.

Tarif, berlaku pada hari Senin, diumumkan pada hari Minggu malam oleh departemen keuangan China dan mencocokkan daftar tarif potensial hingga $ 3 miliar barang AS yang diterbitkan oleh China pada 23 Maret

Segera setelah pengumuman itu, editorial di tabloid China Global Times yang banyak dibaca memperingatkan bahwa jika AS berpikir China tidak akan membalas atau hanya akan mengambil tindakan balasan simbolis, sekarang dapat “mengucapkan selamat tinggal pada khayalan itu.”

Baca: Profil Perusahaan PT Equityworld Futures Samarinda

“Meskipun Cina dan AS belum secara terbuka mengatakan mereka berada dalam perang dagang, percikan perang seperti itu sudah mulai terbang,” kata editorial itu.

Kementerian Perdagangan Cina mengatakan pihaknya menangguhkan kewajibannya kepada Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) untuk mengurangi tarif atas 120 barang-barang AS, termasuk buah dan etanol. Tarif untuk produk-produk tersebut akan dinaikkan sebesar 15 persen tambahan.

PT Equityworld Samarinda : Delapan produk lainnya, termasuk aluminium babi dan skrap, sekarang akan dikenakan tarif tambahan sebesar 25 persen, katanya, dengan langkah-langkah efektif mulai 2 April.

“Pembekuan China atas konsesi tarifnya adalah tindakan sah yang diadopsi di bawah aturan WTO untuk melindungi kepentingan China,” kata kementerian keuangan Cina.

Tarif pembalasan datang di tengah meningkatnya ketegangan perdagangan antara Beijing dan Washington, yang telah mengguncang pasar keuangan global dalam seminggu terakhir karena para investor khawatir pertikaian besar-besaran antara kedua negara akan merusak pertumbuhan dunia.

Baca:

PT Equityworld Samarinda : Dolar stabil vs yen, pedagang waspada terhadap ketegangan perdagangan global

Presiden AS Donald Trump secara terpisah mempersiapkan untuk mengenakan tarif lebih dari $ 50 miliar pada barang-barang Cina yang dimaksudkan untuk menghukum Beijing atas tuduhan AS bahwa China secara sistematis menyalahgunakan kekayaan intelektual Amerika – tuduhan Beijing menyangkal.

China telah berulang kali berjanji untuk membuka ekonominya lebih lanjut, tetapi banyak perusahaan asing terus mengeluhkan perlakuan tidak adil. China memperingatkan Amerika Serikat pada hari Kamis untuk tidak membuka Kotak Pandora dan memicu kebingungan praktik proteksionis di seluruh dunia.

“Ada beberapa orang di Barat yang berpikir bahwa China terlihat keras demi penonton domestik, dan dengan mudah akan membuat konsesi pada akhirnya,” kata editorial Global Times.

“Tapi mereka salah.”

Global Times dijalankan oleh People’s Daily resmi Partai Komunis yang berkuasa, meskipun pendiriannya tidak selalu mencerminkan kebijakan pemerintah China.

Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan pada Senin pagi, kementerian perdagangan China mengatakan Amerika Serikat telah “secara serius melanggar” prinsip-prinsip non-diskriminasi yang diabadikan dalam peraturan Organisasi Perdagangan Dunia, dan juga telah merusak kepentingan Cina.

“Penangguhan sejumlah kewajiban Cina kepada Amerika Serikat adalah haknya yang sah sebagai anggota Organisasi Perdagangan Dunia,” katanya, seraya menambahkan bahwa perbedaan antara dua ekonomi terbesar dunia harus diselesaikan melalui dialog dan negosiasi.

 

Sumber Reuters di edit oleh PT Equityworld Futures Samarinda

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s